Isnin, 4 Mac 2013

09 di Bukit jambul - Google Blog Search

09 di Bukit jambul - Google Blog Search


<b>Bukit Jambul</b> ~ Tourism Destination at Bali

Posted: 27 Feb 2013 09:00 AM PST

Obyek ini terletak di atas bukit dan seperti pemandangan alam lainnya di Kabupaten Karangasem, daya tarik obyek ini juga terletak pada perpaduan panorama perbukitan, sawah, lembah dan panorama laut. Dari tempat ketinggian ini wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam yang mempesona. Di pinggir jalan yang menanjak dan berliku dapat disaksikan petak-petak sawah yang bertingkat dan pohon-pohon cengkeh yang subur berbunga. Di sebelah Timur tampak bukit menjulang tinggi di wilayah Sidemen dan di sebelah Selatan kelihatan areal persawahan Kabupaten Klungkung dan sekitarnya serta pemandangan laut lepas di Selatan Klungkung.
Bukit Jambul terletak di Desa Pesaban, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Daerah  Karangasem, jaraknya kira-kira 12 km dari Klungkung atau 51 Km dari kota Denpasar dan dilalui jalan jurusan ke Besakih. Lokasi ini mudah dicapai dengan mobil sebab letaknya di pinggir jalan.
Menurut keterangan dari orang-orang tua desa Pesaban, nama Bukit Jambul baru timbul pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, dimana nama tersebut diberikan oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Nama Bukit Jambul diambil dari bukit yang menjulang tinggi di sebelah Selatan jalan jurusan Klungkung-Besakih, di atas bukit itu terdapat sebuah pura bernama Pura Puncak Sari yang disekitar pura ditumbuhi pepohonan besar-besar dan lebat, sedangkan di bawah komplek pura ini terdapat persawahan penduduk sehingga puncak bukit yang berhutan lebat kelihatan seperti jambul. Pura yang ada di puncak bukit itu adalah pura Ulun Carik yang diemong para petani setempat. Sebelum bernama Bukit Jambul komplek persawahan yang ada di selatan jalan disebut Babad Kelod, sedangkan tegalan dan sawah yang terletak di sebelah utara jalan disebut Babakan Kaja. Oleh karena di sana terdapat bukit yang berjambul yang menjadi daya tarik wisatawan maka lama kelamaan obyek itu dikenal dengan nama Bukit Jambul.
Referensi link: http://duniasa.goodluckwith.us/bukitjambul.html

Tiada ulasan:

Catat Komen